NASA menggunakan teknologi buatan indonesia

Posted On Maret 24, 2010

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Jakarta — Teknologi ECVT (electrical capacitance volume tomography) yang dikembangkan Dr Warsito kini dipakai Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA. “Guna penerapan pada pemindaian obyek dielektrika pada saat misi antariksanya,” demikian tulis editorial jurnal Industrial and Engineering Chemistry Research edisi Januari 2009, yang diterbitkan oleh American Chemical Society.

ECVT adalah sistem pemindai berbasis medan listrik statis yang mampu menghasilkan citra obyek volumetrik dan real time (seketika). Teknologi ini telah dipatenkan oleh Dr Warsito, Center for Tomography Research (CTECH Labs) yang berpusat di Tangerang, bersama rekan kerja-samanya, Prof L.S. Fan dari Ohio State University.

NASA, dalam jurnalnya yang dipublikasikan di Measurement Science and Technology yang terbit di Inggris, menyatakan telah memanfaatkan teknologi ECVT untuk memindai keberadaan air di permukaan luar pelapis sistem pelindung panas pada dinding pesawat ulang-aliknya. Teknologi ECVT mampu menghasilkan citra volumetrik dan real time dari konsentrasi air yang terakumulasi pada dinding luar pesawat ulang-alik.

Material pelindung panas pada dinding luar pesawat ulang-alik biasanya terbuat dari bahan keramik yang sangat rentan terhadap akumulasi air pada permukaannya. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding pesawat saat peluncuran akibat perubahan suhu dan tekanan yang tinggi. Teknologi ECVT membantu mendeteksi keberadaan akumulasi air di dinding luar pesawat alang-alik untuk mencegah kerusakan selama misi ke antariksa.

Selama ini teknologi ECVT telah banyak membantu memahami karakter dan dinamika fluida multifase dalam berbagai macam proses dan reaktor kimia. Riset yang berkaitan dengan dinamika fluida dengan memanfaatkan teknologi ECVT telah dilaksanakan secara intensif di Ohio State University, University of Cambridge, dan Laboratorium Morgantown milik Departemen Energi Amerika Serikat. “Pemanfaatan teknologi ECVT untuk aplikasi di pesawat antariksa adalah yang pertama kali dilakukan oleh NASA,” kata Warsito kepada Koran Tempo kemarin.

CTECH Labs memproduksi serta menyuplai sistem ECVT dan software yang dipakai di berbagai institusi riset tersebut. Jurnal Industrial and Engineering Chemistry Research juga menulis penemuan dan pengembangan teknologi ECVT telah memberikan pengaruh yang sangat besar di seluruh dunia dalam riset tomografi untuk proses industri. Untung Widyanto

source:

http://www.koran tempo.com/korantempo/koran/20 09/01/22/Ilmu_dan_Teknologi/krn.200901 22.154530.id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s