cara membuat robot

Pelatihan Line Following dan Maze Solving Robot

| April 27, 2009

Mulai bulan Mei 2009, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menyelenggarakan kelas pelatihan khusus yang fokus pada aplikasi Line Following atau Line Tracing, dan aplikasi Maze Solving.

Dalam kelas, peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai dasar-dasar pergerakan robot, memilih dan menggunakan sensor garis, serta teknik-teknik pemrograman pada Line Follower atau Line Tracer Robot, termasuk pengendalian pergerakan robot menggunakan kontrol PID, agar robot dapat bergerak lebih mulus di atas garis.

Ada dua pilihan kelas: Pemrograman Line Follower Robot (2 hari) dan Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya pada Line Follower Robot (3 hari)

Masing-masing dengan pilihan bahasa pemrograman: Bahasa C, Bahasa BASIC atau Bahasa Pascal. Juga tersedia pilihan mikrokontroler: AT89S51/52 (MCS51), BASIC Stamp, AVR dan PIC, atau combo – AVR dan PIC.

Robot untuk pembelajaran robotik yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center : Robot Edukasi, dapat juga digunakan untuk aplikasi Line Following Robot. Robot Edukasi dikhususkan untuk mereka yang menginginkan fitur dan aspek pembelajaran robotik yang lebih lengkap, dari sekedar aplikasi Line Following.

Dalam perkembangannya di berbagai kompetisi, tantangan Line Following sudah mengalami perluasan. Arena tidak hanya berupa garis lurus dan kurva, namun juga dikombinasikan dengan berbagai bentuk persimpangan (crossing) yang rumit. Tantangan ini disebut Maze Solving.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Robot Edukasi, pemesanan dan pembelian produk, kelas pelatihan mikrokontroler dan robotika, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Comments
Comments Off
Categories
Belajar Mikrokontroler, Pelatihan Mikrokontroler, Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Robot, belajar robot
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Robot Edukasi untuk Pembelajar Robotik

| February 2, 2009

Robot Edukasi merupakan robot edukasi yang menggunakan robot controller berbasis mikrokontroler Microchip PIC atau Atmel AVR yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Robot Edukasi dilengkapi dengan sejumlah komponen pendukung seperti motor DC (lengkap dengan gear box dan roda), dukungan terhadap motor servo, line sensor, sound sensor, light sensor, touch sensor, dan modul infrared modulated receiver. Selain itu, tersedia sejumlah sensor tambahan yang bersifat opsional, seperti sensor temperatur, sensor ultrasonik, sensor api, dan yang lainnya.

Robot Edukasi dapat digunakan untuk pembelajaran otomasi, mengingat sejumlah pernak-pernik pendukung pembelajaran tersebut sudah ditanam di dalamnya.

Set sudah dilengkapi hardware programmer USB atau Parallel. Dengan demikian, pengguna laptop terkini, yang umumnya hanya dilengkapi dengan port USB, dapat melakukan pemrograman dengan mudah dan nyaman.

Banyak aplikasi robotik yang bisa dikembangkan dengan set ini, seperti: robot line follower, robot light follower, robot obstacle avoidance, remote controlled robot, robot pemadam api, robot sumo, dan yang lainnya. Aplikasi-aplikasi ini dibahas tuntas dalam kelas pelatihan Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya dalam Robotik, sekaligus ditunjukkan bahwa mengembangkan aplikasi robotik tidaklah serumit dan sesulit yang dibayangkan.

Robot Edukasi dapat diprogram dengan Bahasa C, BASIC, Pascal, serta Flowchart.

Dalam waktu dekat, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center akan meluncurkan buku pembelajaran robotik yang membahas Robot Edukasi secara komprehensif – Bermain Mikrokontroler dan Robotika.

Beberapa gambar lainnya dapat dilihat di alamat:  http://www.flickr.com

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Robot Edukasi, pembelajaran, konsultasi serta pelatihannya, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Comments
Comments Off
Categories
Bermain Robotika, Kompetisi Robot, belajar robot
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

News: Robot Line Follower in Action!

| November 14, 2008

Dua siswi dan satu siswa dari SMK Nu Ma’arif, Kudus, Jawa Tengah, tengah berlatih Robot Line Follower yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, dalam rangka persiapan untuk mengikuti sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh satu universitas negeri di Semarang beberapa waktu lalu.

Gender bukan lagi masalah dalam pembelajaran robotika. Tim pelatih SMK Nu Ma’arif, Much Aziz Muslim, S.Kom, M.Kom dan Eko Prasetyo Yulianto, S.Kom, menyampaikan, justru para siswi memiliki kemampuan lebih dalam melihat jawaban dari tantangan yang diberikan, yang tidak pernah terpikirkan oleh para siswa :)

Harus diakui, dalam memecahkan tantangan dalam robotik, siswa harus berpikir agak nyeleneh alias thinking out of the box. Harus diakui pula, banyak siswa yang berprestasi secara akademis, kesulitan untuk memasuki cara berpikir seperti ini.

Robotik menuntut pemikiran yang lincah, bebas, kritis dan kreatif. Maka dari itu, pembelajaran robotik biasanya dikemas dalam suasana yang santai, bermain dan penuh canda tawa. Tidak mengherankan bila kelas robotik agak “gaduh” dengan luapan ekspresi dari para pembelajar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelajaran robotik di sekolah, silahkan menghubungi kami, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center di nomor telepon (022) 4222062 atau email: info@nextsys.web.id.

Robot Line Following

| October 11, 2008

robotedukasi2Robot Line Following atau Robot Line Tracer adalah satu diantara sekian banyak robot untuk pendidikan yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, yang dapat digunakan untuk pembelajaran dan partisipasi dalam kompetisi line tracing atau line following.

Robot menggunakan dua buah mikrokontroler, satu untuk pengendali pusat (mikrokontroler AVR atau PIC), dan yang kedua untuk pengendali motor (mikrokontroler MCS51). Selama robot bergerak, pengendali pusat akan membaca informasi sensor, kemudian mengirimkan perintah pergerakan yang sesuai kepada pengendali motor. Setelah perintah dikirimkan, pengendali pusat bisa mengerjakan tugas lainnya.

Modul sensor cahaya yang terpasang menggunakan LDR, namun dapat digantikan dengan modul sensor lain yang terdiri dari pasangan IR LED dan Phototransistor, atau modul sensor cahaya lainnya. Penggantian modul sensor ini sangat mudah karena mainboard menyediakan sejumlah port terbuka.

Robot menggunakan gearbox yang dapat memberikan torsi yang cukup untuk memutar roda robot hingga lebih dari 100 rpm dengan kondisi beban penuh (termasuk beban batere).

Robot Line Following memberikan kesempatan yang luas dan terbuka untuk  penerapan berbagai teknik dan metoda, agar robot dapat bergerak dengan mulus dan cepat pada lintasan yang disediakan.

Robot Line Following dapat diprogram dengan Bahasa Assembly, Bahasa C, Bahasa BASIC dan Bahasa Pascal.

Modul yang digunakan merupakan modul terbuka, yang dapat dikembangkan dengan leluasa untuk berbagai aplikasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Robot Line Following / Line Follower, cara membuat dan kelas pembelajaran terkait, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062

Email: info@nextsys.web.id

Comments
Comments Off
Categories
Belajar Mikrokontroler, Bermain Mikrokontroler, Bermain Robotika, Kompetisi Robot, Pelatihan Mikrokontroler, Pemrograman Mikrokontroler, Pemrograman Robot, belajar robot
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a response and help improve reader response. All your responses matter, so say whatever you want. But please refrain from spamming and shameless plugs, as well as excessive use of vulgar language.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.